Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium

a. Lokasi dan fungsi

1. Laboratorium STIFAR menempati lokasi di jalan Plamongansari - Pucang Gading Km 1. Laboratorium ini terdiri dari 2 unit gedung yaitu Gedung B dan C , dimana fasilitas yang lengkap dengan peralatannya ini digunakan bersama-sama baik untuk program S1 maupun Diploma III.
2. Untuk gedung B terdiri dari 2lantai, pada lantai I terdapat Laboratorium Biologi Farmasi ( B.1.1 ) yang digunakan untuk kegiatan praktikum Farmakognosi, Morfologi, dan Fisika Farmasi, Laboratorium Formulasi ( B.1.2 ) yang digunakan untuk praktikum Farmasetika, Farmasi Industri, FTS Solid dan liquid, dan Laboratorium Mikrobiologi ( B.1.3 ).yang digunakan untuk praktikum Mikrobiologi, TA Hayati, dan FTS Steril.
3. Sedangkan untuk lantai II terdiri dari 2 laboratorium yaitu Laboratorium Kimia Analisa ( B.2.1 ) yang digunakan untuk praktikum Kimia Analisa Kualitatif dan Kuantitatif, Analisa Obat, Analisa Obat dan Narkoba , Analisa Kosmetika, Kimia Dasar, llmu Kimia dan Biokimia serta Laboratorium Fitokimia ( B.2.2 ) yang digunakan untuk praktikum Fitokimia, Analisa ObatTradisional, Farmakognosi II, Analisa Makanan dan Minuman, Kimia Air, Sintesis Obat, dan Spektroskopi.
4. Laboratorium di gedung C terdapat di lantai II yang terdiri dari 3 laboratorium yaitu Laboratorium Teknologi Farmasi ( C.2.1 ) yang digunakan untuk praktikum Teknologi Farmasi, Laboratorium Instrumentasi ( C.2.2 ) yang digunakan untuk praktikum Instrumentasi dan Laboratorium Biofarmasi ( C.2.3 ) yang digunakan untuk praktikum Biofarmasi dan Farmakokinetik..



b. Kegiatan dan fasilitas
Untuk bisa melaksanakan tugasnya, maka laboratorium STIFAR dikoordinasi oleh Kepala Laboratorium Yayasan yang dibantu oleh 2, yaitu Kepala Laboratorium yaitu Laboratorium Atas dan Bawah. Dalam melakukan kegiatannya laboratorium di STIFAR dilengkapi dengan sejumlah peralatan analisis dan tekmologi modern, yaitu meliputi:

1. Berbagai jenis Spektrofotometer, seperti :
a. Spektrofotometer Visible
b. Spektrofotometer UV-Visible
2. Berbagaijenis Kromatografi, seperti :
a. Kromatografi LapisTipis (TLC)
b. Kromatografi Cair KinerjaTinggi ( HPLC )
3. Mikroskop
4. Laminar Air Flow (LAF)
5. Single Punch automatic tablet machine
6. Dissolution tester
7. Friability Tester
8. Peralatan penunjang lainnya yaitu vaccum evaporator, membran filter dan lain-lain.

 

 

 

Kerja Sama

 


 

     

 

 

Sekilas Info

Informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru Bisa anda download pada menu PMB -ONLINE.
Untuk mendaftar silahkan datang langsung ke kampus kami. Terimakasih.


Area Wifi Stifar

Free Wifi sudah tersedia di seluruh area kampus STIFAR, untuk mengakses wifi silahkan hubungi Lab. Komputer untuk mendapatkan user  login wifi di kampus Stifar. terima kasih

ASURANSI MAHASISWA

Bagi Mahasiswa Stifar yang mengalami kecelakaan/sakit di RS.(Rawat Inap/Jalan) dapat mengajukan klaim asuransi dengan menunjukkan:1.FC.KTM,2. FC.Legalisir biaya pengobatan.Berkas dapat dikumpulkan di Bu Tari (BAAK) terima kasih

Calendar

Karya Tulis Ilmiah

KTI Anafarma
KTI Farmasi
Copyright © STIFAR, 2012