Sejarah & Arti Lambang

A. SEJARAH

Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi "YAYASAN PHARMASI" Semarang didirikan pada tanggal 10 Agustus 2000 dengan SK Dirjen DIKTI No. 154/D/O/2000. Pada saat didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi "Yayasan Pharmasi" Semarang mempunyai 3 program studi dan 1 program profesi yaitu:


a. Program D-3 Analis Farmasi dan Makanan.

b. Program D-3 Farmasi

c. Program S-1 Farmasi

d. Program Pendidikan Profesi Apoteker.


Program Studi D-3 Analis Farmasi dan Makanan merupakan penyebutan lain dari Akademi Analis Farmasi dan Makanan yang telah berdiri sejak tahun 1966.Sedangkan Program D-3 Farmasi penyebutan lain dari Akademi Farmasi yang didirikan tahun 1998. Program pendidikan Pendidikan Profesi Apoteker merupakan kelanjutan dari program S-1 Farmasi yang akan bekerja pada bidang kefarmasian, Program Pendidikan Profesi Apoteker ini berdiri pada 19 Januari 2004, yang ditandai dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama antara Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi "YAYASAN PHARMASI" Semarang dengan Universitas Gajah Mada sebagai universitas Pembina dan Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia (ISFI)


Stifar "YAYASAN PHARMASI" Semarang berada dibawah Yayasan Pharmasi Semarang yang telah lebih dari 50 tahun mengelola sekolah berbasis farmasi.

 

B. ARTI LAMBANG

Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi "YAYASAN PHARMASI" Semarang memiliki lambang yang bentuk, ukuran, dan makna yang digambarkan dalam bentuk:


1. Lingkaran mempunyai arti.:

a. Lambang inti oksigen, tiap manusia membutuhkan oksigen.

b. Lambang persatuan dan kesatuan yang menaungi seluruh institusi pendidikan dibawahnya.

c. Lambang kebulatan tekad untuk mengabdi kepada masyarakat.


2. Lingkaran hitam di tengah dengan garis lambang sinar atau cahaya bagi masyarakat.

3. Api merah lambang semangat yang selalu berkobar.

4. Gelas piala lambang gelas minum anggur sama dengan gelas minum obat.

5. Ular kobra lambang ular berbisa, bisa (racun) ular dapat digunakan sebagai obat dalam dosis tertentu, tapi juga bisa atau racun bila kelebihan dosis bagi manusia.

6. Buku sebagai lambang Ilmu pengetahuan.

7. Warna kuning keemasan pada tulisan Pharmasi melambangkan keagungan dan keluhuran.

8. Warna dasar biru melambangkan cakrawala artinya Yayasan Pharmasi berpandangan luas kedepan.

 

C. PENERIMAAN MAHASISWA

Penerimaan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi "YAYASAN PHARMASI" Semarang dapat melalui:

a. Program PMTT (Penerimaan Mahasiswa Tanpa Test)

b. Program PMBA (Penerimaan Mahasiswa Berprestasi Akademik)

c. Program PMBE (Penerimaan Mahasiswa Berprestasi Ektrakurikuler)

d. Program Reguler.

 

D. JARINGAN KERJA SAMA

Dalam era globalisasi tidaklah mungkin sebuah organisasi berjalan sendiri tanpa ada dukungan dari luar. Untuk itu Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi "YAYASAN PHARMASI" Semarang telah menjalin kerjasama dan hubungan yang erat sebagai mitra baik dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan berbagai lembaga baik pemerintah dan swasta, yang bergerak didunia pendidikan, industri, maupun profesi. Hal ini dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi "YAYASAN PHARMASI" Semarang didasari pada visi yang selalu mengikuti perkembangan dalam dunia Ilmu Pengetahuan dan teknologi serta peningkatan kualitas hidup manusia.

Kerjasama yang dilakukan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi "YAYASAN PHARMASI" Semarang selalu didasarkan atas azas saling menguntungkan dan saling memberikan kontribusi yang sangat positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat berguna bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

 

E. JUMLAH LULUSAN SAMPAI DENGAN SEKARANG
Jumlah Lulusan hingga bulan Maret 2017 berjumlah 4515 orang lulusan, yang terdiri atas 700 orang lulusan Program D3 Anafarma, 811 orang lulusan Program D3 Farmasi, 1520 orang lulusan S1 Farmasi dan 1484 orang lulusan Program Profesi Apoteker.

F.JUMLAH TENAGA EDUKATIF DAN NON EDUKATIF
Keadaan pada bulan Juni 2017 tenaga edukatif ada 83 orang dengan rincian 2 Guru Besar, 6 orang Doktor, 65 orang Magister dan 10 orang lulusan Sarjana Strata 1(63 orang dari disiplin ilmu Farmasi dan 20 orang Non Farmasi) Jumlah tenaga non akademik yang melaksanakan administrasi di Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi "YAYASAN PHARMASI" Semarang berjumlah 65 orang.

G. JUMLAH MAHASISWA
Jumlah Mahasiswa terdaftar menurut keadaan pada bulan Maret 2017 sebanyak 1445 mahasiswa dengan sebaran D3 Anafarma 174 mahasiswa ,D3 Farmasi 343 mahasiswa,S1 Farmasi 755 mahasiswa dan Program Profesi Apoteker 173 mahasiswa.

 

Kerja Sama

 


 

     

 

 

Sekilas Info

Informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru Bisa anda download pada menu PMB -ONLINE.
Untuk mendaftar silahkan datang langsung ke kampus kami. Terimakasih.


Area Wifi Stifar

Free Wifi sudah tersedia di seluruh area kampus STIFAR, untuk mengakses wifi silahkan hubungi Lab. Komputer untuk mendapatkan user  login wifi di kampus Stifar. terima kasih

ASURANSI MAHASISWA

Bagi Mahasiswa Stifar yang mengalami kecelakaan/sakit di RS.(Rawat Inap/Jalan) dapat mengajukan klaim asuransi dengan menunjukkan:1.FC.KTM,2. FC.Legalisir biaya pengobatan.Berkas dapat dikumpulkan di Bu Tari (BAAK) terima kasih

Calendar

Karya Tulis Ilmiah

KTI Anafarma
KTI Farmasi
Copyright © STIFAR, 2012